Thursday, August 23, 2012

Manfaat Dan Khasiat Buah Manggis Yang Melimpah Ruah

Manfaat buah manggis yang melimpah ruah inilah yang membuat Buah manggis mendapat julukan “Queen of fruit” atau Si Ratu Buah. Sebutan ini memang tak lepas dari berbagai manfaat buah manggis, mulai dari kulit, daging dan juga biji buahnya. Kulit manggis ternyata mengandung berbagai manfaat bagi tubuh kita.

Makanya mulai saat ini jika makan buah manggis jangan buru - buru untuk membuang kulitnya. Justru kulit manggis itulah yang memiliki berbagai zat penyembuh. Kita bisa membuat seduhan kulit manggis sendiri. Cara mengolah Kulit Manggis cukup mudah : pertama ,Cuci bersih kulit buah, lalu potong kulit 2 butir buah manggis. Kemudian potongan kulit manggis direbus dalam 4 gelas air, sampai tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari.

Manfaat Buah Manggis

manfaat buah manggis


Sedangkan manfaat dan khasiat buah manggis yang begitu banyak secara detail yuk kita kupas :

  • Sebagai Pengobatan Diabetes. Karena mengandung zat yang menormalkan tekanan darah, memulihkan energi dan mengurangi kelebihan gula darah.
  • Sebagai Anti kanker. Mengandung xanthone juga sebagai anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.
  • Menghambat penuaan. Kandungan Zat antioksidan alami dalam buah manggis bisa menghambat proses penuaan pada tubuh kita. Zat antioksidan dalam manggis akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, soo... Forever young Kita awet muda.
  • Meningkatka n stamina dan tenaga. Buah Manggis ternyata juga memiliki peran penting didalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu menjaga stamina tubuh. Always fit lah….
  • Menyehatkan mata, kulit dan rambut.
  • Buah manggis dapat membantu membuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat.
  • Menurunkan Kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol “jahat” atau LDL (low density lippoprotein) berlebihan akan menempel di dinding dan menyempitkan pembuluh darah. Dan ternyata bisa dikurangi dengan kandungan zat xanthones pada buah manggis.
  • Mencegah penyakit Batu Ginjal. Penyakit ini kebanyakan dialami oleh laki-laki. Biar tidak terkena penyakit batu ginjal, disarankan unutk terus mengkonsumsi buah manggis sebanyak 3 ons atau lebih tiap harinya, Dan akan membuat kita lebih sering kencing, sehingga mencegah munculnya batu ginjal.
Sekedar warning, meski buah manggis mengandung khasiat yang luar biasa, Namun buah manggis terutama Kulit Buah Manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak bisa dicerna tubuh pada kadar tinggi. Ada beberapa kasus yang muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti Gangguan pada kesehatan ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya.

Cara konsumsi dan pengolahan yang tepat akan memaksimalkan khasiat dari buah manggis . Makanya …simak cara membuat sirupnya…. Simak baik-baik jangan sampai salah, kalau salah bukan khasiat yang didapat, malah sebaliknya.

Pembuatan sirup atau jus xanthone ternyata mudah. Berikut ini cara membuat jus xanthone.

  • Untuk menghasilkan ekstrak xanthone, kerok bagian dalam dari kulit buah segar,
  • Tambahkan dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2.
  • Setelah diblender (dihancurkan), simpan selama 24 jam kemudian saring.
  • Untuk membuat sirupnya, tinggal mencampurkan ekstrak xanthone dengan madu sebagai pemanis dan pengawet, serta ekstrak rosella.
  • Kemudian, panaskan dengan suhu 90-95 derajat Celcius selama 10 menit agar kandungan alkohol dari ekstrak xanthone hilang.
Beberapa vitamin misalnya vitamin B dan vitamin C, karbohidrat, protein, lemak, kalori, air mineral, (kalsium, fosfor, zat besi), dan juga beberapa komponen kimia yang sangat berguna bagi tubuh seperti zat Xanthone tekandung dalam buah manggis. Manfaat buah manggis yang melimpah ruah semoga menginspirasi kita untuk mengkonsumsi buah manggis sesering mungkin.