Wednesday, August 22, 2012

Cara Memutihkan Kulit Secara Aman Dan Tepat

Cara memutihkan kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa menggunakan krim pemutih atau menggunakan bahan alami. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua krim pemutih tersebut baik untuk kulit kita. Krim pemutih merupakan pilihan favorit bagi sebagian orang. Karena kita hidup di negara tropis yang sering terkena paparan sinar matahari, maka kulit kita sering berwarn` gelap. Memang krim pemutih ini dapat membuat kulit menjadi putih, tapi jika digunakan secara berlebihan dapat berakibat buruk pada kulit Anda.

Sebenarnya kita tidak perlu repot-repot memutihkan kulit, kkarena fungsi pigmentasi kulit berwarna adalah untuk menangkal sinar ultraviolet dan dapat mencegah terkena kank er kulit. Karena trend kecantikan wanita Asia adalah memiliki kulit yang putih, maka kebanyakan wanita ingin memilikinya dan menggunakan berbagai cara agar kulit menjadi putih bersih.

Cara Memutihkan Kulit


Krim pemutih yang berbahaya adalah krim yang menggunakan bahan merkuri dan hydroquinon. Untuk sen yawa merkuri seharusnya tidak boleh digunakan sama sekali dalam produk pemutih wajah, namun untuk hydroquinon masih diperbolehkan asalkan sebanyak 2 %, selebihnya harus berdasarkan resep dokter. 

Penggunaan hydroquinon dalam jangka panjang juga mengandung resiko yang berbahaya karena dapat menyababkan kerusakan ginjal, hati, sejumlah penyakit kulit dan keracunan. Hal yang sama juga terjadi pada penggunaan merkuri, pemakainya dapat beresiko terkena gangguan saraf, masalah emosi, mengakibatkan keguguran atau cacat pada janin, timbul flek serta bisa merusak lapisan bawah kulit.

Berikut ini ciri-ciri krim pemutih yang menggunakan bahan berbahaya merkuri dan hydro quinon.
  • Wajah berubah menjadi putih seperti porselein atau pucat dari pemakaian krim pemutih.
  • Krim tersebut dapat memutihkan kulit secara singkat dan cepat.
  • Krim pemutih berwarna agak mengkilat dan terkadang baunya menyengat atau diberi parfum.
  • Saat awal-awal digunakan akan timbul iritasi dan sensitif pada kulit dengan tanda-tanda seperti terasa panas dan kadang timbul rasa sangat gatal.
  • Akan terasa panas dan gatal jika dioleskan ke kulit yang sensitif, misalnya bagian lengan atau belakang leher.
  • Akan timbul bintik atau flek hitam di kulit jika pemakaian dihentikan.
Untuk menghindari efek samping dan hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya memutihkan kulit menggunakan bahan alami. Selain aman, j uga sangat baik karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Berikut ini beberapa cara memutihkan kulit secara aman yang bisa Anda coba dirumah.
  • Gunakan pelindung seperi payung, baju lengan panjang, topi dan gunakan moisturizer, body lotion, sunblock, minimal ber-SPF20 saat berada diluar ruangan untuk menghindari efek panas matahari yang dapat membuat kulit menjadi belang.
  • Gunakan pemutih alami. Bahan alami seperti timun, bengkoang, pepaya, dan lemon dapat membuat kulit Anda menjadi putih. Selain itu, kandungan yang terdapat pada bahan tersebut dapat menyingkirkan kulit kering dan kusam, mengurangi penyumbatan pori-pori dan membuat kulit terlihat lebih muda.
  • Mengkonsumsi makanan sehat. Empat sehat lima sempurna merupakan makanan yang sangat tepat,  terutama sayuran dan ikan salmon, karena lemak ikan salmon dapat mempercepat regenerasi kulit yang terbakar. Juga vitamin C dan E untuk mengembalikan kesegaran dan kecantikan kulit.
  • Rutin melakukan perawatan kulit. Pemakaian masker dan lulur serta scrub bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang telah menumpuk. Sebaiknya menggunakan scrub alami seperti madu, masker bengkoang, masker kacang kedelai, masker ketimun, rendaman buah tamarind atau asam yang dibalurkan ke kulit tubuh selama 10 menit lalu dibilas. Pepaya yang mengandung enzyme berkhasiat mempercepat regenerasi tumbuhnya kulit sehingga dapat memutihkan kulit. Alpukat yang dicampur susu juga bisa membuat kulit lebih putih.
  • Lakukan pola hidup sehat. Berhenti merokok dan berhenti mengkonsumsi alkohol, minum air mineral 8 gelas perhari dan tidur 7 jam dalam sehari akan membuat kulit tampak cerah dan sehat.
Jika Anda memakai krim pemutih, sebaiknya perhatikan baik-baik bahan yang digunakan dalam krim  pemutih tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan menghindari efek samping yang berbahaya. Kulit yang sehat adalah dambaan setiap orang. Semoga cara memutihkan kulit diatas dapat bermanfaat. Selamat mencoba!