Friday, August 17, 2012

healthHealth Banyak orang enggan untuk rutin berolahraga karena merasa tidak mampu membayar keanggotaan di pusat kebugaran atau personal trainer. Padahal olahraga untuk pembentukan tubuh atau penurunan berat badan tak harus selalu dilakukan dengan bantuan alat. Ada beberapa gerakan olahraga tanpa alat yang bisa Anda lakukan di rumah, tapi tak mengurangi manfaatnya dalam menjadikan tubuh lebih fit.

1. Push-up
Olahraga ini memiliki manfaat yang sangat besar. Gerakan push-up dapat membantu Anda membantuk dan membangun otot tubuh bagian atas, seperti bisep, trisep serta memperkuat tulang belakang dan bahu. Bagi pemula bisa mencoba push-up dengan bertumpuan pada dinding (posisi berdiri) atau meja. Pastikan perut dalam kondisi kosong agar tidak merasa mual.

2. Squat
Latihan ini sangat efektif untuk membuat tubuh Anda bugar. Olahraga dengan gerakan seperti duduk ini apabila dilakukan secara rutin akan sangat bagus untuk membentuk dan menjaga tubuh bagian paha, perut dan terutama bokong. Untuk menurunkan berat badan, bisa menambahkan gerakang jongkok.

3. Mengangkat Kaki
Gerakan olagraga ini sangat baik untuk pembentukan otot perut dan kaki. Yang Anda perlukan hanyalah alas untuk berbaring, dan Anda bisa berolahraga tanpa menggunakan alat bantu. Angkat kedua kaki sejauh yang Anda bisa dengan posisi tubuh tidur telentang. Tahan posisi tersebut selama beberapa menit, kemudian rilekskan. Lakukan gerakan ini beberapa kali selama 10-15 menit.

4. Naik Turun Tangga
Olahraga yang dapat dilakukan oleh semua orang ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membakar kalori, meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan detak jantung. Naik turun tangga yang dilakukan secara rutin dapat membuat tubuh lebih kebal dari penyakit nyeri sendi dan kram kaki.

5. Ab Crunches
Pria yang melakukan latihan ini berguna untuk mendapatkan six pack pada perut. Tetapi bagi wanita lebih kepada memiliki perut yang rata. Selain itu Ab crunches sangat baik bagi tulang belakang perut, paha dan lengan. Gerakan ini mirip sit-up, namun punggung tetap menempel pada lantai sehingga tekanan lebih fokus pada area perut.